Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat

Orang mengenal Thomas Alva Edison (11 Feb 1847 – 18 Okt 1931) sebagai orang yang menghasilkan banyak penemuan, diantaranya yang fenomenal adalah lampu pijar.
Thomas alfa edison kecil adalah sosok yang biasa saja, bahkan karena dianggap bodoh maka pada usia 7 tahun dia dikeluarkan dari sekolah oleh ortunya dan hanya belajar sendiri di rumah.
Pada usia 12 tahun dia berjualan koran dan buah-buahan di station kereta api. Meski kondisinya demikian dia tidak patah arang dan terus belajar secara mandiri melalui buku dan percobaan-percobaan yang dia lakukan di rumahnya.

Dia pernah bekerja sebagai operator telegraf konvensional dan sempat berkali-kali dipecat dari pekerjaannya karena kurang fokus pada tugasnya. Penyebabnya karena ia sibuk membaca dan bereksperimen dengan peralatan yang menjadi tugasnya tersebut.

Kegigihannya mendatangkan hasil pada tahun 1870 dia berhasil menemukan telegraf, selanjutnya pada tahun 1874 ia berhasil mendirikan bengkel science untuk percobaan dan penelitiannya sendiri dan tahun 1877 ia menemukan gramofon. Setelah belasan ribu eksperimen “gagal” yang dia lakoni akhirnya pada tahun 1879 dia berhasil menemukan lampu pijar.

Thomas alva edison memegang ribuan hak paten atas berbagai penemuan yang merubah dunia hingga hari ini. Semuanya karena ketekunan, kesabaran, keteguhan dan komitmentnya atas apa yang dipercayanya akan dapat diraih. Berikut adalah quotesnya yang terkenal : “Jenius adalah 1 persen inspirasi dan 99 persen keringat”

Ya, kita belajar dari edison sedikit inspirasi dibarengi dengan kerja keras, tekun, komitmen dan sabar nyatanya mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa besar serta bermanfaat bagi manusia.

Jangan takut dengan kegagalan, kegagalan adalah jalan menuju kesuksesan.  Thomas alva edison juga pernah berujar bahwa : “Orang hanya ingat bahwa dia telah berhasil menemukan lampu pijar, orang tidak ingat bahwa dia menemukan itu setelah “belasan ribu kali gagal”.

Semoga jadi spirit, inspirasi dan bermanfaat….

1 Response so far »

  1. 1

    Deby said,

    quote yang bener2 melegenda tuh


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: